Artikel

Amalan Idul Adha: Mulai dari Takbir hingga Berkurban

Dalam menyambut hari raya Idul Adha, ada sederet amalan yang dianjurkan untuk umat muslim. Amalan-amalan tersebut mulai dari sebelum melaksanakan shalat Ied hingga usai melaksanakan shalat Ied.

Amalan Idul Adha

Setiap amalan Idul Adha bernilai pahala bagi umat muslim yang menjalankannya. Berikut ini adalah 6 amalan yang dianjurkan saat hari raya Idul Adha.

1. Takbir Idul Adha

Hal pertama yang dilakukan umat muslim dalam menyambut hari raya Idul Adha adalah dengan mengumandangkan takbir. Takbir Idul Adha mulai berkumandang saat terbenamnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga imam naik ke atas mimbar untuk berkhutbah sebelum shalat Idul Adha, kemudian berlanjut setelah melaksanakan shalat dan berakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah.

2. Mandi sebelum shalat ied

Sebelum melaksanakan shalat Ied di pagi hari, dianjurkan untuk terlebih dahulu membersihkan badan dengan mandi.

2. Memakai Wewangian

Dalam kitab¬†Al-Majmu’ Syarhul Muhaddzab¬†terdapat keterangan sebagai berikut:

“Disunnahkan pada hari raya Id membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jumat, dan disunahkan juga memakai wangi-wangian.”

3. Menggunakan Pakaian yang Bersih dan Suci

Pada hari raya Idul Adha, umat muslim melaksanakan shalat Ied berjamaah. Saat itu lah keluar anjuran untuk menggunakan pakaian yang bersih dan suci. Selain untuk menghargai

4. Berjalan kaki menuju tempat shalat ied

Amalan sunah lainnya adalah berjalan kaki menuju tempat shalat Ied. Biasanya, shalat Ied dilaksanakan di setiap masjid, sehingga umat muslim yang melaksanakannya dapat menjangkau masjid terdekat. Setiap langkah menuju tempat shalat bernilai pahala.

5. Tidak makan sebelum shalat idul adha

Berbeda dengan hari raya Idul Fitri yang menganjurkan makan sebelum melaksanakan shalat Ied, hari raya Idul Adha justru menganjurkan untuk tidak makan sebelum shalat Ied sebagai amalan sunah.

6. Menyembelih hewan kurban

Salah satu ikon ibadah saat merayakan Idul Adha adalah berkurban. Penyembelihan hewan kurban dimulai setelah melaksanakan shalat Ied dan berlangsung selama hari tasyrik, yaitu sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

Masjid Nusantara memiliki program Kurban Masjid Pelosok. Program ibadah kurban untuk disalurkan ke daerah pelosok yang minim kurban, bahkan di daerah yang belum pernah merasakan daging kurban. Temukan informasi lebih lanjut dengan cara klik tautan di sini.