Artikel inspirasi

Idul Adha: Sejarah dan Perintah Kurban

Umat muslim memiliki dua hari raya dalam satu tahun, yakni hari raya Idul  Fitri dan hari raya Idul Adha. Hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal, sementara hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Ada kisah inspiratif bagi umat muslim yang menyertai sejarah Idul Adha.

sejarah idul adha

Sejarah Idul Adha berawal dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim as. Allah Swt. memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Nabi Isma’il. Nabi Ibrahim menerima perintah tersebut melalui mimpinya.

Allah Swt. berfirman:

Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?” Dia (Isma’il) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.¬†(QS. Ash-Shaffat: 102)

Nabi Ibrahim kemudian bersiap untuk memenuhi perintah Allah Swt. untuk menyembelih anaknya dengan hati yang ikhlas. Tepat ketika Nabi Ibrahim hendak melaksanakan perintah tersebut, Allah Swt. menunjukkan kekuasaan-Nya dengan mengganti Nabi Ismail dengan hewan.

Hal ini terdapat dalam firman Allah Swt. berikut:

Tatkala keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipisnya, (untuk melaksanakan perintah Allah). Dan Kami panggillah dia, “Hai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (QS As Saffat: 103-107).

Demikianlah kisah ketaatan Nabi Ibrahim as. dan Nabi Isma’il as. menjadi sejarah Idul Adha. Selain itu, kejadian tersebut juga merupakan awal mula turunnya perintah berkurban untuk umat Islam.

Masjid Nusantara memiliki program Kurban Masjid Pelosok. Program ibadah kurban untuk disalurkan ke daerah pelosok yang minim kurban, bahkan di daerah yang belum pernah merasakan daging kurban. Temukan informasi lebih lanjut dengan cara klik di sini.