Artikel inspirasi

Sedekah Online: Tidak Ada Lagi Alasan Tidak Bersedekah

Bersedekah adalah hal baik yang bisa memberikanmu pahala. Bersedekah sendiri juga tidak hanya baik bagi kemaslahatan diri kamu sendiri. Dengan menyalurkan sedekah, kamu bisa berbagi kebaikan kepada orang lain. Lebih lagi, zaman teknologi saat ini telah memberikan kemudahan dalam bersedekah online. Lalu, bagaimana hukum dan cara melakukan sedekah online? Simak artikel berikut ini!

Sedekah Online Memiliki Unsur-unsur Penting dalam Bersedekah

Melakukan sedekah bisa dilakukan dalam banyak cara dan bentuk. Sedekah online memiliki beragam unsur penting yang ada dalam bersedekah. Unsur-unsur tersebut adalah pemberi sedekah, harta yang akan disedekahkan, dan penerima sedekah.

Sebenarnya, jika tiga unsur penting tersebut sudah ada dalam bersedekah, maka sedekah sudah dianggap memenuhi syarat. Oleh karena itu, jika sedekah online yang kamu lakukan sudah meliputi tiga hal di atas, maka tidak ada masalah.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Dalam syarat bersedekah, ada beberapa syarat yang harus dilakukan, meliputi tatap muka, pembacaan akad, dan pelaksanaan. Namun, dalam sedekah online ada tata cara sendiri yang bisa diikuti. Dalam sedekah online, pembacaan akad dengan tatap muka tidak bisa dilakukan.

Namun, pemberian sedekah online bisa tetap sah jika pemberinya ikhlas dalam memberikan sedekah. Selain itu, sedekah yang diberikan haruslah dari hasil yang halal. Perkembangan zaman juga memudahkan langkah-langkah dalam melakukan sedekah online. Hal tersebut juga memungkinkan untuk mengetahui keabsahan sedekah online.

Cara yang Tepat dalam Melakukan Sedekah Online

Pihak Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) memberitahukan proses sedekah online sebagai berikut:

  1. Pemberi sedekah online harus memiliki niat yang tulus dan ikhlas saat memberikan sedekah.
  2. Sedekah online harus dilakukan melalui akun pemberi sedekah. Selain itu, jumlah sedekah online yang akan diberikan juga harus tercantum dan ditransfer kepada penerima sedekah. Ada banyak aplikasi online yang memberikan fasilitas dalam transaksi sedekah online. Biasanya platform tersebut dimiliki oleh badan amal yang bersangkutan.
  3. Sebagai pengganti pembacaan akad, serah terima sedekah online dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fitur SMS atau email konfirmasi dari sedekah online yang telah dilakukan.

Dalam isi SMS atau email tersebut, pihak pemberi sedekah online menyatakan bahwa niatnya memberikan sedekah adalah penuh ketulusan dan keikhlasan. Kemudian, penerima sedekah online juga membalasnya dengan mendoakan pahala bagi pemberi sedekah online tadi.

Cara yang diberikan di atas sangat menyesuaikan dengan keadaan dan perkembangan teknologi saat ini yang semuanya sudah serba digital. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi dalam melakukan sedekah. Apalagi kamu mencari-cari alasan dalam bersedekah.

Sedekah adalah salah satu cara agar bisa mendapatkan pahala yang melimpah. Namun, banyak orang yang tidak menyadarinya. Selain itu, ada banyak alasan orang-orang takut untuk bersedekah seperti penyalahgunaan sedekah yang telah diberikan, penipuan, dan alasan-alasan lain. Meskipun demikian, adanya sedekah online mampu menjadi solusi dari hal tersebut.

View this post on Instagram

Sendirian, kita hanya jadi setetes air. Tapi bersama-sama, kita adalah samudera. . Rupiah darimu mungkin hanya bisa membeli sepasang sepatu. Tapi saat rupiah darimu, dan dari muslim-muslim yg terpanggil lainnya disatukan, rupiah-rupiah itu bertransformasi menjadi tempat mulia: masjid. Dan segala sarana yang menopang kemakmurannya. . Pada setiap jengkal tanah yang dijejak, Pada setiap bongkah bata, semen, dan pasir yang tersusun menjadi bangunan masjid, Pada setiap senyum bahagia dan tangis haru saudara seiman saat menyaksikan rumah ibadah yang dirindukan akhirnya terwujud, . Ada namamu tertera di sana, Sobat Masjid. . Nama itu yg mengikat kamu, relawan Masjid Nusantara, dan para penerima manfaat, dalam sebuah tali bernama persaudaraan Islam. . Meski kita tak pernah tatap muka, ikatan itu akan terjalin, karena Allah yang kuatkan. . Terima kasih atas dukunganmu selama ini, Sobat. Mari perpanjang simpul kebaikan ini di tahun-tahun selanjutnya. . #masjidnusantara #kaleidoskop #2019 #2020

A post shared by Masjid Nusantara (@masjidnusantara) on


Sobat, masjid sebagai tempat kita beribadah haruslah dijaga dengan baik. Sebagai lembaga yang concern pada keberadaan masjid, Masjid Nusantara banyak menemukan kondisi masjid di pedalaman yang berbeda drastis dengan masjid perkotaan yang kokoh dan terawat.

Untuk itu, Masjid Nusantara mengajak Sobat untuk patungan menjaga, merawat, bahkan membangun masjid di pelosok dengan berdonasi melalui link berikut:

Patungan Bangun Masjid di Pelosok

 

Baca juga: Wujudkan Masjid Kokoh di Pedalaman Toba Samosir