Sebar 1000 Karpet Masjid untuk Masjid Pelosok

Sebar 1000 Karpet Masjid untuk Masjid Pelosok

Rp57.497.391

terkumpul dari target Rp500.000.000
11.50% terkumpul 150 hari lagi
Minimum amount is Rp Maximum amount is Rp

Detail

Siapa yang pernah  menumpang sholat di sebuah masjid/mushola dan mencium bau-bau ‘aneh’ dari karpetnya? Nyaman, nggak, shalatnya?

Tentu saja, kondisi tempat shalat yang tidak nyaman seperti itu bukan disengaja pengelola. Biasanya kekurangan dana adalah masalah utamanya—dan di negeri kita ini, ribuan masjid/mushola mengalami masalah yang sama. Terutama yang lokasinya di pelosok Nusantara.

Sejak program “Sujudku Syahdu” diluncurkan, Masjid Nusantara menerima banyak laporan kondisi karpet yang level kerusakannya sedemikian parah, sehingga tidak layak dijadikan alas shalat.

Selain itu, banyak juga masjid/mushola yang belum memiliki karpet. Rutinitas ibadah mereka di sana—shalat, mengaji Al Qur’an, majelis taklim—dilakukan di atas tikar tipis atau bahkan terpal plastik.

Masjid Nusantara_Sebar 1000 Karpet_1

Masjid Nusantara_Sebar 1000 Karpet_2

Masjid Nusantara_Sebar 1000 Karpet_3

Masjid Nusantara_Sebar 1000 Karpet_4

Padahal, ibadah akan lebih nyaman dan khusyu’ dilakukan di atas hamparan karpet yang bersih dan layak.

Setidaknya ada 3 alasan kenapa karpet yang bersih dan layak penting untuk ibadah (terutama shalat):

  1. Posisi terdekat manusia dengan Allah adalah saat ia bersujud. Bisa kita bayangkan kalau karpet masjidnya rusak, kotor, dan bau, tentu akan mengganggu aktivitas ibadah kita.
  2. Saat sholat berjamaah, kita diperintahkan untuk meluruskan shaf sholat. Adanya karpet masjid akan memudahkan jamaah untuk merapikan shaf, dengan bantuan garis pembatas di karpet.
  3. Dalam ibadah sholat, kita diperintahkan untuk memakai pakaian bersih, juga mendirikannya di tempat yang bersih, bebas dari najis.

Sampai tahun 2019, Masjid Nusantara telah menyalurkan 6.453 gulung karpet untuk masjid dan mushola yang membutuhkan.

Tahun ini, Masjid Nusantara kembali mengajak Sobat Masjid semua untuk memberi kebahagiaan kepada masyarakat yang belum memiliki karpet yang layak di masjid mereka.

Yuk, mulai beraksi nyata!