Artikel

Keutamaan dan Amalan di Bulan Muharram

Ada empat bulan haram (suci) dalam Islam, yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Muharram adalah bulan haram sekaligus bulan pertama di tahun Hijriyah (Islam).

”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari – Muslim)

Al Qadi Abu Ya’la rahimahullah menjelaskan, penyebutan bulan haram karena beberapa hal berikut:

  • Pada bulan ini, Allah haramkan pembunuhan. Bahkan orang-orang di zaman Jahiliyyah pun meyakini demikian.
  • Saking mulianya bulan ini, sungguh besar keutamaannya jika mengisinya dengan amalan ketaatan.
Muharram adalah Bulan Allah

Sebutan lain bulan Muharram adalah syahrullah atau bulan Allah. Dengan penyandaran pada lafadz Allah ini, Muharram memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan.

Inilah salah satu waktu utama untuk memperbanyak amal baik, karena pahalanya berlipat ganda. Sebaliknya, melakukan maksiat akan lebih berat juga dosanya.

”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak,” ujar Ibnu Abbas.

Amalan Bulan Muharram

Rasulullah ﷺ mencontohkan umat Islam untuk memperbanyak amalan baik saat Muharram. Beliau ﷺ tidak mengkhususkan amalan tertentu, namun sebuah hadits menyebutkan,

”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Maka, mumpung kita sedang berada di bulan mulia, mari meningkatkan ibadah, berharap Allah memperkenankan kita mendapat pahala berganda. Perbanyak puasa sunah, juga sedekah pembangunan masjid untuk menambah amal jariyah.

Di awal bulan Muharram yang mulia ini, mari kita berdoa untuk kebaikan dunia-akhirat kita di hari-hari mendatang.

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ

Allaahumma ad-khilhu ‘alaina bil amni wal imaani was salaamati wal islaam, wa jiwarim minasy-syaithooni, wa ridhwanim minar rohmaan.

Artinya: Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan meraih ridha Allah (Ar-Rahman). (HR. Al-Baghawi).