TEBAR 10.000 MUKENA UNTUK MASJID PEDALAMAN INDONESIA
TEBAR 10.000 MUKENA UNTUK MASJID PEDALAMAN INDONESIA

Rp2.336.000 donasi terkumpul dari 19donatur

Terkumpul

Rp2.336.000

Target

Rp200.000.000
Rp

Minimal donasi Rp5.000


Wah, besok arisan, nih. Pake baju apa ya? Eh, lusa ada kumpulan komunitas, kerudungnya belum ada yang matching! Aduh, keliatan aneh gak ya nanti…

Manusiawi sebetulnya, kalau ingin menunjukkan penampilan terbaik di depan orang lain. Semua berkaitan dengan penilaian orang lain kepada kita.

Tapi, pernah gak kamu shalat di mushola umum? Pernah gak, nemuin mukena kumal, berjamur, bahkan baunya gak enak?

Sobat, potret mukena yang tidak layak tersebut mengingatkan kita untuk lebih perhatian pada pakaian yang kita kenakan beribadah kepada Allah.

Kalau bertemu manusia saja kita sedemikian perhatiannya, masa bertemu Allah malah asal-asalan?

Mukena yang berbau tak sedap tentu akan membuat kita risih saat shalat. Kita jadi sulit khusyu’, perasaan gelisah, dan tidak nyaman.

Berbeda jika kita menggunakan mukena yang bersih dan wangi. Shalat kita akan lebih tenang dan insya Allah menambah kekhusyu’an ibadah kita. Itulah pentingnya memakai mukena bersih saat shalat.

Di masjid dan mushola pedalaman Indonesia, kami jumpai kondisi mukena juga sama tak layaknya.

Bukan karena tidak terawat, namun karena sering dan sudah lama digunakan. Mukena semakin tipis, menguning, bahkan bolong.

Penyaluran mukena untuk para mualaf di pedalaman Morowali Utara (masjidnusantara.org)

Mukena Baru, Hadiah untuk Muslimah Tangguh

Selain untuk masjid/mushola, mukena pun bisa kita hadiahkan kepada para muslimah tangguh, seperti sosok Bu Rinatih berikut ini.

Sejak 6 tahun terakhir, Bu Rinatih (58 th) jadi tulang punggung keluarga dengan berjualan plecing keliling kampung. Usianya yang tak lagi muda, membuatnya tertatih-tatih saat menjajakan dagangannya.

Bu Rinatih, sosok muslimah tangguh dari Lombok

Meski setelah berjualan, harus mencari tambahan uang dengan mengasuh anak tetangga, ia tak pernah mengeluh.

Perempuan separuh baya ini punya ‘rahasia’, dari mana sumber kekuatannya: setiap hari, ia menghadiri kajian subuh di masjid kampungnya.

Kajian subuh adalah agenda rutin di Masjid An Nuryani, Desa Lingkung Berdaya, Lombok, tempat Bu Rinatih bermukim. Maka, sejak pagi buta, ia tertatih-tatih menuju masjid untuk memburu shalat berjamaah dan kajian subuh.

Bagi Bu Rinatih, kajian subuh ibarat suluh yang menyalakan semangatnya. Dari ayat-ayat Al Qur’an yang dipelajari saat kajian, ia menemukan kekuatan untuk memulai hari.

Namun, ada pemandangan sedih saat melihat perempuan perkasa ini shalat. Mukena yang ia kenakan sudah sangat lusuh.

Warna putihnya telah berubah kekuning-kuningan dan bernoda di beberapa bagian. Bu Rinatih juga tak punya mukena lain untuk ganti.

Sedekah Mukena

Maka, Masjid Nusantara mengajak sobat untuk mendukung gerakan Tebar 10.000 mukena untuk masjid dan mushola di pedalaman Indonesia, juga di masjid/mushola umum yang kekurangan dana operasional kebersihannya.

Juga untuk muslimah seperti Bu Rinatih yang berasal dari keluarga prasejahtera. Bagi mereka, harga mukena yang mencapai ratusan ribu sangat memberatkan.

Bukan karena perhitungan, tapi karena dengan uang senilai sama, mereka bisa memberi beras untuk makan keluarga, atau membayar sekolah anak-anaknya.

Yuk, dukung kelancaran muslimah Indonesia beribadah dengan khusyuk.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/BSI/Bank Muamalat/Shopeepay
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Info Terbaru

Belum ada informasi terbaru untuk program ini

Donatur