Jadilah Jalan Kemudahan untuk Santri Yatim Penghafal Al Quran
Jadilah Jalan Kemudahan untuk Santri Yatim Penghafal Al Quran

Rp15.020.556 donasi terkumpul dari 125donatur

Terkumpul

Rp15.020.556

Target

Rp100.000.000
Rp

Minimal donasi


Makan siang apa, nih kita? Tinggal pilih ratusan menu di aplikasi online, atau ke warteg terdekat dan makan sampai puas. Tapi tahukah? Kemewahan ini tak dimiliki 80 santri yatim dan dhuafa di Ponpes Maroko.

Bagi adik-adik yang berusia 5-17 tahun ini, makan siang berarti duduk melingkari nampan berisi nasi, kuah sayur, dan kerupuk. Alhamdulillah jika masih bisa makan tiga kali sehari, karena ada kalanya saat logistik tidak cukup, jatah makan hanya dua kali sehari. Menunya pun sangat sederhana.

Sebagai pesantren gratis, Ponpes Maroko hanya mengandalkan sedekah donatur. Jadi saat dana menipis, salah satu yang dipangkas adalah budget makan. Alhamdulillah, para santri yang rutin puasa sunah sudah terlatih menahan lapar.

Tak hanya soal makan, kondisi asrama santri pun memprihatinkan. Lebih dari 10 santri tidur berdesakan di kamar berupa rumah panggung. Dinding dan lantai kayunya bolong-bolong. Cengkraman udara dingin jadi santapan sehari-hari tubuh adik-adik kita ini.

Namun, situasi penuh keterbatasan ini tak mengalihkan mereka dari niat utama mereka datang ke pondok, yaitu menghafal Al Quran. Lantunan ayat suci terdengar dari tiap sudut pondok, menggambarkan semangat anak-anak ini menyelesaikan hafalannya.

Alhamdulillah, Pesantren Maroko sudah meluluskan 4 angkatan hafidz-hafidzah berbagai usia. Baik para santri maupun pengajar percaya, hafalan Al Quran ini harus diperjuangkan sesulit apapun jalannya, karena begitu besar pahala bagi mereka yang menghafalnya.

"Siapa yang membaca Al Quran dan menghafalkannya, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan menganugerahinya hak untuk memberikan syafa'at kepada sepuluh orang keluarganya yang telah ditetapkan sebagai penghuni neraka." (HR. Ibnu Majah)

Maka, Masjid Nusantara mengajakmu menjadi jalan kemudahan untuk anak-anak yatim penghafal Al Quran ini. Berapa pun nominalnya, insya Allah akan kembali kepadamu menjadi berlipat-lipat kebaikan. Asal satu saja syaratnya, ikhlas Lillahi Ta’ala.

Menyantuni anak yatim pun menunjukkan kecintaan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Kedudukan para penyantun dijamin surga, sebagaimana dalam hadits berikut,

"'Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) disurga seperti ini.' Kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduanya." (HR. Bukhari)

Yuk, penuhi amanat Rasulullah untuk menjaga anak-anak yatim!

Info Terbaru

Belum ada informasi terbaru untuk program ini

Donatur