Ancaman Kelaparan Hantui Saudara Kita
Ancaman Kelaparan Hantui Saudara Kita

Rp29.032.506 donasi terkumpul dari 88donatur

Terkumpul

Rp29.032.506

Target

Rp250.000.000
Rp

Minimal donasi Rp5.000


Sungguh, ini bukan dongeng. Saat kamu bingung memilih menu makan apa siang tadi, ada kondisi yang berbeda 180 derajat di bagian bumi lain. Di sini, tinggal klik-klik saja, makanan pun datang. Di sana, untuk makan saja harus berpikir matang-matang, "Jangan-jangan, ini makanan terakhir kami…"

Pada 2016 lalu, sebuah judul berita menggemparkan negeri ini: "Kekeringan, NTT Terancam Kelaparan". Ini nyata, ancaman kelaparan menghantui saudara kita.

Bahkan hingga hari ini, Nusa Tenggara Timur, Papua, Maluku, dan wilayah Indonesia Timur lainnya menjadi kawasan rawan pangan. Minimnya curah hujan kerap membuat gagal panen.

Dr. Leta Rafael, pengamat masalah pertanian dari Undana Kupang, menyebutkan, kasus rawan pangan bisa terjadi di beberapa daerah yang gagal panen akibat curah hujan yang tidak menentu.

Rahmat Allah dalam Bentuk Fidyah

Alhamdulillah, Allah menjadikan kita seorang muslim, di mana setiap urusannya selalu berbuah kebaikan. Termasuk dalam urusan syariat membayar utang puasa Ramadhan dalam bentuk fidyah.

Fidyah adalah memberi makan fakir miskin. Ukurannya 1 mud (sekitar 0,6 kg) gandum atau 2 mud (1,5 kg) selain gandum, atau setara dengan ukuran dan harga makanan yang kita makan sehari-hari.

Pemberian fidyah kepada fakir miskin hanya boleh dalam dua jenis ini:

  1. Makanan siap santap. Jika utang puasa 30 hari, maka pemberian fidyah bisa kepada 30 fakir miskin, atau satu orang yang sama selama 30 hari.
  2. Bahan mentah. Contohnya, memberi beras, gandum, atau makanan pokok sejenisnya. Ukurannya disesuaikan dengan jenis bahan pokoknya. Jika beras, maka ukurannya adalah 1,5 kg untuk membayar 1 hari utang puasa. Jika lebih dari satu hari, maka jumlahnya tinggal dikalikan.

Cara Bayar Fidyah

Masjid Nusantara akan mengonversi uang fidyah yang kamu bayarkan menjadi makanan siap santap atau bahan makanan pokok.

Dengan harga Rp 22.500 per paketnya, insya Allah kamu sudah memberikan fidyahmu pada satu orang dhuafa yang menghadapi ancaman kelaparan.

Jadi, jika punya utang puasa sebanyak 30 hari, maka tinggal mengalikan saja.

Bayar fidyah       = (jumlah hari utang puasa) x (harga per paket),-

= 30 hari x Rp. 22.500,-

= Rp. 675.000,-

Disclaimer: Sebagian hasil dana yang terkumpul akan digunakan untuk operasional.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/BSI/Bank Muamalat/Shopeepay
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Info Terbaru

Belum ada informasi terbaru untuk program ini

Donatur