Masih ingat gempa, tsunami, dan likuifaksi tanah yang melanda Palu, Sigi, dan Donggala? Bencananya memang sudah lewat tiga tahun, tetapi hingga kini, dampaknya masih tersisa.

Salah satu saksi bisu bencana itu adalah Masjid Al Ikhlas di Desa Tompe, Kec. Sirenja, Donggala, Sulawesi Tengah. Saat gempa melanda, masjid jami’ berusia lebih dari 100 tahun ini termasuk fasilitas ibadah yang rusak.

Tak hanya itu, hari ini muncul ujian baru bagi warga. Dalam dua tahun terakhir, permukiman warga di pesisir pantai mengalami dua kali banjir rob setiap bulan. Pecahan ombak sudah mencapai rumah warga.

Sedihnya lagi, bukan hanya rumah mereka yang tambah rusak akibat banjir rob ini.

“Masjid Al Ikhlas mengalami keretakan pada bagian sudut kanan dan kiri, serta menjadi sasaran air laut pasang (rob) hingga masuk ke dalam masjid,” tutur Bapak Tamin, Ketua Pembangunan Masjid Al Ikhlas.

Ada 620 KK atau sekitar 2.244 jiwa di Tompe. Mayoritasnya (95%) Islam. Dengan mata pencaharian sebagai petani, peternak, dan nelayan, warga Tompe kesulitan mengumpulkan dana perbaikan masjid.

Akibat banjir rob ini, warga pun sulit mendapat air bersih. Kesehatan warga juga terancam oleh rusaknya sanitasi lingkungan, karena saat laut pasang maka limbah dari septic tank dan selokan terangkat dan bercampur air.

Saat ini, warga terpaksa membangun masjid darurat di tanah berjarak 800 meter dari lokasi pertama. Harapan mereka, di tanah yang aman dari terjangan banjir rob ini, kelak bisa berdiri Masjid Al Ikhlas yang baru.

Sobat, mari bantu saudara kita di Tompe membangun Masjid Al Ikhlas yang lebih kuat, dan memiliki fasilitas sanitasi yang lebih bersih dan sehat.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, ShopeePay, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank Mandiri, BCA, BRI, BSI, atau Bank Muamalat) dan transfer ke no. rekening yang tertera.
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    There are no latests news yet

9 Nov 2021

Anonim

Aamiinn

orang
Rp 15.194

5 Nov 2021

Anonim
Rp 100.348

30 Oct 2021

Anonim
Rp 100.478

29 Oct 2021

Anonim
Rp 100.037

22 Oct 2021

Anonim
Rp 50.393

22 Oct 2021

Anonim
Rp 20.153

17 Oct 2021

Anonim
Rp 100.022