Sedekah Utama : Alirkan Air untuk Daerah Kekeringan
Sedekah Utama : Alirkan Air untuk Daerah Kekeringan

Terkumpul

Rp16.068.430

Target

Rp100.000.000
Rp

Minimal donasi Rp15.000


"Keadaan masyarakat memang kesusahan air. Di sini ada sumur yang air nya keruh, bahkan kadang diminum anjing sekitar. Namun terpaksa tetap digunakan karena warga tak ada pilihan," ungkap Anwar.

Ada 150 kepala keluarga yang kesulitan mendapatkan air bersih di Dusun Bandusah, Kec. Arjasa Kab. Situbondo, Jawa Timur. Jika kekeringan melanda, warga harus membeli air bersih sejauh hingga 2 kilometer.

Warga terpaksa mengambil air keruh

"Setiap hari, sebagian warga harus berjalan memanggul air demi kebutuhan pokok. Kasihan pak yang sudah lansia, dia manggul berjalan di jalan bebatuan. Kalau mau air bersih harus beli. Saya nggak tahu gimana caranya mereka dapat uang", ungkap Anwar.

Perjalanan warga membeli air

"Semoga ada yang merasa kasihan ke kami, agar tidak sengsara kayak gini untuk dapat air. Ingin sekali dapat air dari kran yang dekat dari rumah," harap Kakek Sadi (lansia berusia 70 tahun yang setiap hari harus memanggul air bersih).

Sedekah Air adalah Sedekah Utama

Dari Sa’id bahwasanya Sa’ad mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bertanya,

"Sedekah apa yang paling engkau sukai." Jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sedekah air." (HR. Abu Daud)

Sedekah Air Atas Nama Orang Tua?

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

"Wahai Rasulullah, bahwasanya Ummu Sa’ad (ibundaku) meninggal dunia. Sedekah apakah yang afdal untuknya?" Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, "Sedekah air." Lantas Sa’ad pun menggali sumur untuk ibunya, lalu ia mengatakan, "Ini sumur untuk Ummu Sa’ad (ibundaku)." (HR. Abu Daud)

Potret kekeringan di Dusun Bandusah

Sobat, keutamaan bersedekah air bersih sangat besar. Apalagi jika mampu memberikan manfaat untuk banyak orang. Tidak hanya di Dusun Bandusah yang kritis air bersih. Warga di Sindanglaya, Kec. Sobang, Lebak juga mengalami hal yang sama.

Bersedekah jariyah mengalirkan air bersih untuk umat melalui Yayasan Masjid Nusantara insyaaAllah akan membahagiakan warga dipenjuru Indonesia yang kritis air bersih. Semoga menjadi pahala yang terus mengalir untukmu. Aamiin yaa Allah.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/BSI/Bank Muamalat/Shopeepay
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Info Terbaru

Belum ada informasi terbaru untuk program ini

Donatur