Sedekah Panel Surya Terangi Rumah Allah

Sobat, pernah gak, udah waktunya shalat, tapi belum denger adzan. Rupanya ‘mati lampu’. Buat orang kota yang terbiasa ada listrik seperti kita, mati lampu jadi fenomena ‘luar biasa’.

Tapi hal sebaliknya berlaku untuk 3.000-an desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Salah satunya kampung nelayan Buttue, Pangkep, Sulawesi Selatan. Kegelapan adalah hal biasa bagi mereka, tapi cahaya terang, itu baru luar biasa.
Beribadah tanpa listrik, itulah kondisi di 3000-an desa di Indonesia yang belum teraliri listrik.

Suatu petang, seberkas cahaya muncul dari satu bangunan. Warga sumringah, karena malam-malam mereka tak melulu gelap. Dari manakah sumber cahaya itu?

Bersamaan dengan penyelesaian masjid apung At-Tatofu, YMN juga memasangkan satu unit panel surya di sana sebagai sumber penerangan.

Rupanya berasal dari Masjid Taman Surga Attatofu, masjid apung yang baru sebulan terakhir hadir di sana. Bersamaan dengan pembangunan masjid ini, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) juga memasangkan panel surya sebagai sumber listrik masjid.

“Ada satu-dua warga yang pakai genset, tapi kebanyakan hidup gelap-gelapan karena tak punya dana untuk beli solar sebagai bahan bakar genset. Selain tidak ekonomis, genset juga bising. Akhirnya kita putuskan pakai panel surya,” tutur Lutfi Maknun, arsitek pembangunan masjid apung Buttue.

Selain di Pangkep, Sulawesi Selatan, salah satu penerima sedekah panel surya adalah Masjid Taman Surga Meluwiting, Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sedekah Panel Surya untuk Masjid

Pemilihan panel surya sebagai sumber listrik masjid, berdasarkan beberapa alasan berikut:

  • Gratis, memanfaatkan sinar matahari (energi terbarukan)
  • Ramah lingkungan
  • Hemat tagihan listrik
  • Tidak bising, sehingga ibadah berjalan khusyuk
  • Perawatan mudah, cocok untuk masjid
  • Ketahanan hingga 25-40 tahun

Harga panel surya bervariasi. Dari pengalaman YMN memasang panel surya masjid di Lembata, Padangkalang, Maros, dan pelosok lainnya, biaya pembelian dan pemasangan minimum memakan sekitar Rp 14 juta per unit.

Unit panel surya dan dudukannya (penopang).

Ini bukan nominal sedikit untuk warga pelosok yang rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan.

Sobat, jika kita bayangkan, masjid-masjid yang kita bangun di pelosok ibarat cahaya Allah yang menyinari kehidupan di sekelilingnya. Satu masjid yang terbangun, satu cahaya Allah yang menyala.

Unit panel surya.

Namun, ada satu hal lagi yang bisa kita lakukan. Untuk wilayah pelosok yang belum teraliri listrik, kita benar-benar bisa menyalakan cahayanya secara harfiah, yaitu dengan memberikan unit panel surya sebagai sumber listrik.

Sengaja memasang panel surya di masjid, agar masjid menjadi pusat kegiatan dan peradaban. Listrik ini akan menunjang ibadah warga, juga aktivitas belajar, dan musyawarah.

Perwakilan jamaah Masjid Taman Surga Meluwiting bersyukur, keberadaan panel surya di masjid menambah semangat dan memudahkan mereka beribadah.

Semakin sering ke masjid, semakin lekat hatinya dengan Allah. Dari sini, insya Allah tumbuh keimanan yang kuat.

Yuk, sedekah panel surya. Ikhtiar menerangi masjid agar cahayanya menyinari hati hamba-hamba Allah di wilayah yang belum ada listrik.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/Mandiri Syariah/Bank Muamalat/BNI Syariah
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Tidak ada update baru

19 Sep 2021

Hamba Allah

"Semoga Bermanfaat & Bisa Membantu"

Rp 100.262

12 Sep 2021

WENDAR
Rp 100.047

12 Sep 2021

Kiki

"Bismillah \^_^/"

Rp 10.011

25 Aug 2021

Cac
Rp 100.288

12 Jul 2021

Hamba allah
Rp 15.167

11 Jul 2021

PENGURUSANIJINDOTNET
Rp 1.500.346

6 Jul 2021

Fajar

"Semoga menjadi bermanfaat dan dapat membantu teman-teman disana"

Rp 50.334

6 Jul 2021

ASTARI DAMAYANTI
Rp 100.435

5 Jul 2021

Cac
Rp 100.456

4 Jul 2021

GESANG
Rp 10.324

3 Jul 2021

DIAR GARNIDA
Rp 15.008

2 Jul 2021

RERNO

"Bismillah..semoga membantu..aamiin. Mohon doa semoga klrga diberikan kesehatan, anak2 jd anak sholeh sholehah, diberkahi umur panjang yg barokah, diberikan rizki yg barokah...aamiin"

Rp 500.041

1 Jul 2021

Fdbdf
Rp 11.430

1 Jul 2021

Kiki Kimmy

"bismillah, sehat semuaaaa \^_^/"

Rp 15.483