Sedekah Daging: Patungan Membeli dan Memberi Hewan Kurban
Jika mendengar “Idul Adha”, apa yang pertama kali terlintas di benakmu, Sobat? Sate? Gulai? Sop? Semua yang berhubungan dengan daging?

Memang tak salah kalau Sobat berpikir begitu, karena Idul Adha adalah momentum menumbuhkan jiwa dermawan lewat syariat kurban, karena bagi saudara kita yang berekonomi lemah, daging adalah barang mewah.

“Harga daging di pasar Lawang Agung Rp 120 ribu/Kg. Mending beli ubi kayu bisa dapat satu karung. Daging sapi sekarang tidak layak lagi dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah, apalagi masyarakat miskin!” Begitu ucapan Pak Ariyadi, seorang warga Rupit, Muratara, Palembang.*

Rata-rata warga dhuafa hanya sanggup mengeluarkan uang Rp 50 ribu – 100 ribu per hari. Untuk membeli daging sapi sekilo saja, tentu berat. Pada akhirnya, mereka memilih bahan pangan yang murah dan bisa diawetkan, meski gizinya sedikit.

Kurban Masjid Pelosok (KMP) di Maluku, tahun lalu. Sengaja menyasar warga pedalaman agar distribusi daging kurban lebih merata.

Mahalnya daging halal pun membawa bahaya lain: masuknya daging haram, seperti babi hutan atau anjing, ke dalam konsumsi umat Islam. Harganya yang murah bisa saja membuat gelap mata mereka yang imannya lemah. Na ‘udzubillah.

Bisa Tetap Berbagi Meski Tak Berkurban Utuh

Kurban adalah syariat yang selalu dilakukan Rasulullah ﷺ setiap waktu Idul Adha. Sebagai umatnya, tentu lebih afdhal mengikuti sunah Nabi ﷺ dengan menyembelih satu sapi atau satu kambing utuh.

Namun, adakalanya situasi finansial sangat tidak memungkinkan untuk berkurban, apalagi di masa pandemi saat ini. Untuk itu, sedekah daging menjadi kesempatan beramal bagi yang tak mampu berkurban.

Makan bersama selepas Idul Adha di Halmahera tahun lalu, dengan menu daging kurban yang sangat jarang mereka konsumsi karena harganya mahal.

Sesuai namanya, sedekah daging masuk kategori sedekah. Maka niat dan akadnya pun menyesuaikan untuk sedekah. Begitu pula dalillnya, mengikuti dalil sedekah.

Caranya, cukup dengan berdonasi minimal Rp 100 ribu, Sobat sudah menjadi donatur sedekah daging. Dana yang terkumpul akan dibelikan hewan kurban, dan dagingnya (bukan olahan) akan didistribusikan untuk jamaah masjid pelosok ataupun mualaf.
Kebahagiaan anak-anak pedalaman bisa mencicipi daging di hari raya Idul Adha.

Sedih rasanya, jika sampai momen Idul Adha pun, daging hanya menjadi lamunan saudara dhuafa kita, tanpa pernah terhidang di atas meja mereka.


(*) Dikutip dari: https://sumeks.co/harga-tinggi-konsumsi-daging-tidak-layak-bagi-warga-miskin

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/Mandiri Syariah/Bank Muamalat/BNI Syariah
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Tidak ada update baru belum

18 Jun 2021

Hamba Allah

"Bismillah smoga berkah"

Rp 125.366

17 Jun 2021

Hamba Allah
Rp 20.218

16 Jun 2021

Hamba Allah
Rp 50.025

15 Jun 2021

Akuku
Rp 30.406

11 Jun 2021

Khairudin
Rp 15.132

11 Jun 2021

DIYAH AYU MAHARANI
Rp 15.344

11 Jun 2021

ARIYANTI RISMAN
Rp 50.020

9 Jun 2021

Abu Azfar
Rp 25.473

8 Jun 2021

Reynold
Rp 25.223

5 Jun 2021

Sandy
Rp 15.267