Diriwayatkan dalam suatu kesempatan, Saad bin Ubadah ra. bertanya kepada Rasulullah , “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air).”

Saat kemarau tiba,  masyarakat kerap dihantui kekeringan.  di sebagian wilayah, Warga harus jalan berkilometer demi mendapatkan air bersih. Padahal air adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.Sebagai muslim, berwudhu dengan air setidaknya 5 kali sehari sebelum shalat adalah kewajiban. Tentu semuanya menjadi sulit ketika air tidak ada.

BMKG memprediksi wilayah yang mengalami kemarau lebih kering yakni di sebagian Aceh, sebagian pesisir timur Sumatera Utara, sebagian Riau, Lampung bagian timur, Banten bagian selatan, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah dan utara, sebagian Jawa Timur.

Artinya, banyak sekali wilayah yang mengalami kekeringan. Hal ini selaras dengan info dari Relawan yang diberikan kepada Yayasan Masjid Nusantara. Beberapa titik lokasi masjid berikut ini sedang krisis air:
  1. Masjid Al-Ikhlas, Dukuh Jambangan, Kec.Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur. Sebanyak 165kk selama 8 tahun terakhir ini mengalami krisis air ketika kemarau tiba
  2. Masjid Al-Fallah, Dukuh Glagah, Mulyorejo, Bojonegoro. Sebanyak 125kk selama 10 tahun terakhir ini mengalami krisis air
  3. Musholla Azzawazzala di Kampung Sampay, Gegerbitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Ada 327 jiwa kesulitan air disini. Mereka harus berjalan 7 kilometer demi mendapatkan air bersih.
  4. Masjid Al Hidayah, Kampung Pasir Nangka, Desa Cigudeg, Sukabumi. 250kk menghuni kampung ini. Mereka harus berjalan hingga 3 kilometer ke sumber air bersih.
  5. Masjid Jami Al-Hikmah, Kp. Babakan Cijaha, Cihurip, Garut. Ada 240 KK yang menghuni kampung ini. Saat ini warga bertahan menggunakan air keruh.
Butuh biaya yang tidak sedikit untuk pengeboran mendapatkan sumber air baru. Sementara kondisi ekonomi masyarakat dilokasi tersebut kebanyakan menengah kebawah. Hal inilah yang menjadi alasan hingga kini mereka belum bisa memiliki sumber air sendiri.

Yayasan Masjid Nusantara sangat berharap , Masjid yang mana adalah pusat ibadah masyarakat,  bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Jika Masjid memiliki sumber air sendiri, tentu masyarakat akan sangat terbantu dan berbondong-bondong memakmurkanya, insyaaAllah. Jika bantuan air bisa membantu masyarakat sementara waktu, kami berharap pembangunan sumur masjid bisa menyelesaikan masalah dari akarnya.

Oleh karena itu, kami mengajak semua donatur untuk turut serta ambil bagian dalam pengadaan Sumur Masjid Nusantara. InsyaaAllah pahala sedekah air itu sangat besar, bahkan disebutkan sebagai sedekah yang utama.

Program “Sedekah Air 5 in 1″ ini memungkinkan kita bersedekah sekali untuk disalurkan ke lima lokasi. Semakin banyak masyarakat yang terbantu, semoga semakin banyak pula pahala yang mengalir untuk donatur. Aamiin Yaa Allah

 

 

 

 

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, ShopeePay, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank Mandiri, BCA, BRI, BSI, atau Bank Muamalat) dan transfer ke no. rekening yang tertera.
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    There are no latests news yet

17 Jan 2022

Hamba Allah

Bismillah semoga air bersih dapat segera mengalir ke masjid

orang
Rp 15.102

8 Oct 2021

Anonim
Rp 100.132

8 Oct 2021

Anonim

sedekah 5 sumber air utk masjid an Bambang Irawan Soekara dan Retnowati

orang
Rp 500.400

7 Oct 2021

Anonim

Semoga berkah dan bermanfaat

orang
Rp 50.132

7 Oct 2021

Anonim
Rp 25.209

6 Oct 2021

Anonim
Rp 100.244

6 Oct 2021

Anonim
Rp 15.211