Memilih Masjid: Privilege Kita yang Tak Mereka Punya

Katanya, anugerah terbesar seorang manusia adalah privilege, alias keistimewaan. Privilege membuat seorang bisa memilih mau A, B, atau Z sekalipun. Bagi kita, penduduk kota, memilih mau shalat di masjid mana adalah privilege. Namun, keistimewaan ini tidak dimiliki warga Dusun Bialahin, Pulau Buru.

Mengunjungi Dusun Bialahin adalah perjalanan panjang. Dari Kota Namlea—ibu kota Pulau Buru—jaraknya sekitar 45 Km. Alhamdulillah masih ada jalan aspal, meski untuk sampai lokasi harus berlanjut dengan jalan tanah sejauh 4 Km.

Namun perjalanan panjang ini ‘terbayarkan’ sesampainya di sana. Di Bialahin, kita akan menemukan saudara. Lain ibu, lain ayah, namun disatukan agama. Ya, di sana ada 12 keluarga mualaf yang menemukan cahaya Islam.

Sebagai mualaf, mereka sangat membutuhkan penguatan dan haus akan ilmu agama baru mereka. Maka, di manakah mereka menemukannya? Di Mushola Nurul Hikmah-lah tempatnya.

Ini satu-satunya mushola di Bialahin. Jadi meskipun kecil dan sederhana, mushola ini makmur dengan orang-orang yang beribadah. Bahkan bukan hanya warga Bialahin saja yang menggunakannya, tetapi warga dusun sekitar pun bergabung di sana.

Maka setiap shalat Jum’at, mushola kecil ini tak sanggup menampung jamaah. Jika cuaca cerah, warga yang tak kebagian tempat bisa shalat dengan alas seadanya di halaman. Namun saat musim hujan, jamaah yang di luar memilih tidak ke mushola, karena beribadah dengan kondisi terguyur hujan tentu sulit khusyuk.

Sobat, warga Bialahin adalah sosok-sosok tangguh. Mereka jalani kehidupan keras Pulau Buru, mencari penghidupan sebagai petani sederhana, tanpa pernah mengeluh atau meminta-minta.

Namun, jika kini mereka terpaksa meminta bantuan, itu adalah untuk mushola tercinta mereka. Warga Bialahin terlampau rindu dengan suasana ibadah yang nyaman dan khusyuk. Rasa persaudaraan mereka pun terpanggil, melihat banyaknya saudara semuslim yang terpaksa balik kanan karena tak kebagian tempat shalat di musim hujan.

Jadi, ke hadapan kalian para mualaf ini bertanya, apakah berkenan membantu mereka meng-upgrade Mushola Nurul Hikmah menjadi masjid yang lebih luas dan kokoh?

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/Mandiri Syariah/Bank Muamalat/BNI Syariah
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Tidak ada update baru belum

20 Jul 2021

FAJRI YANTO

"Ya Alloh sehatkan n sembuhkan istriku"

Rp 100.284

5 Jul 2021

Hamba Allah
Rp 100.035

3 Jul 2021

DJAMUHAMMAD KHOWIYAH
Rp 50.363

27 Jun 2021

Acu
Rp 10.027

27 Jun 2021

KELUARGA AWANG BHASWARA DAN ORANG TUA SERTA ALM ALMH EYANG2

"Semoga semua hajat ikhtiar rejeki kami sekeluarga dimudahkan dan diijabah serta ikhtiar beasiswa2 sy dpt lulus dgn lancar."

Rp 35.229

25 Jun 2021

ATIKA NOVIYANTI

"Bismillah"

Rp 25.126

25 Jun 2021

DJAMUHAMMAD ZAHRO
Rp 50.011

23 Jun 2021

Hamba Allah
Rp 500.274

22 Jun 2021

DJAMUHAMMAD ZAHRO
Rp 50.342

21 Jun 2021

ARZA
Rp 20.237