Arah Kiblat Kurang Tepat, Bantu Para Petani Jagung Ini Renovasi Masjidnya
Kalau kamu punya uang Rp 7.500.000, mau dipakai apa kira-kira? Beli HP baru? Liburan ke pantai? Check out belanja online?

Jika bertanya kepada warga Dusun Umbulbaru, Pesawaran, Lampung, uang sejumlah itu ternyata dipakai membangun mushola sederhana bernama ‘Nurul Falah’.

Dua puluh tahun kemudian, pada 1985, warga bisa memperluas mushola hingga menjadi masjid yang bisa dipakai shalat Jumat. Kapasitas makin besar, berukuran 8×12 m2, bisa menampung sekitar 150 orang.

Kini, 35 tahun berlalu sejak perluasan sekaligus renovasi pertamanya, bangunan Nurul Falah semakin mengkhawatirkan. Bocor jadi santapan tiap hujan, retak semakin menjalar di dindingnya.

“Atap masjid sudah lapuk, khawatir runtuh saat jamaah sedang shalat di bawahnya,” tutur Ibu Umi, pengurus majelis taklim Nurul Falah.

Selain itu, yang paling krusial adalah adanya kesalahan arah kiblat. Memang hanya sedikit saja, alias kurang presisi. Namun, menghadap kiblat yang benar adalah syarat sah shalat.

Jamaah baru menyadari setelah bertahun-tahun dan setelah melewati perhitungan yang lebih akurat dengan teknologi yang lebih canggih. Maka, setelah tahu kiblat masjid kurang tepat (ditambah kerusakan yang makin mengkhawatirkan), warga ingin memperbaiki Nurul Falah.

Sebetulnya, masyarakat sudah berupaya iuran, namun tak kunjung terkumpul. Penghasilan warga sebagai petani jagung, kebanyakan habis untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga perbaikan masjid harus terus menunggu.

Kini, jamaah masih tetap menggunakan Nurul Falah untuk ibadah dan kegiatan keagamaan. Meski diiringi rasa waswas, namun apa mau dikata, hanya masjid inilah yang terjangkau tempat tinggal mereka.

Alhamdulillah, 60 KK di kampung ini termasuk rajin memakmurkan masjid. Shalat lima waktu berjamaah, shalat Jumat, dan tarawih rutin dilakukan. Termasuk TPA dan majelis taklim yang masing-masing memiliki 50 anggota.

Sobat, masjid terdekat berjarak 2 KM, dengan jalan yang masih berbatu. Menggunakan motor, harus ditempuh selama 30 menitan. Maka, Nurul Falah jadi satu-satunya harapan mereka.

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/Mandiri Syariah/Bank Muamalat/BNI Syariah
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    Tidak ada update baru belum

Hamba Allah

16 Dec 2020

Rp 25.239

Ita R

14 Dec 2020

Rp 100.081

Hamba Allah

14 Dec 2020

Rp 100.322

Hamba Allah

14 Dec 2020

Rp 15.210