Setiap kali menjejakkan kaki di tempat baru, ingin rasanya kami mengajakmu, Sobat. Selalu ada kisah haru namun inspiratif yang kami peroleh dari penduduk pelosok. Kali ini, meski hanya lewat tulisan, kami ingin mengajakmu ke pegunungan Mamuju, Sulawesi Barat.

 

Sobat, temui mereka, 63 keluarga muslim yang menghuni dua dusun di Panappo, Kec. Tappalang. Warga dusun hanya punya satu masjid bernama Nurul Hikmah.

Menyebut Nurul Hikmah sebagai ‘masjid’, mohon jangan membayangkan seperti masjid di komplek rumahmu, ya. Sekilas melihatnya, kami meringis. Bangunan berusia 9 tahun sangat sederhana, terbuat dari papan kayu yang bahkan tak menutup sempurna dindingnya.

Lantainya masih tanah. Di musim hujan, ia akan jadi genangan lumpur karena cipratan air dari luar, juga tetesan hujan yang menerobos atap bocor. Di kala kemarau, tanah ini akan jadi kumpulan debu pasir yang mengotori area shalat.

Tembok masjid juga sudah retak. Warga khawatir masjid ambruk, seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Meski demikian, warga tetap mendatangi Nurul Hikmah untuk shalat lima waktu, shalat Jum’at, juga tempat mengaji anak-anak.

Terletak di dataran tinggi, akses ke dusun ini sangat berat. Melewati jalan tanah yang rawan longsor dan sungai. Kamu bisa jalan kaki berjam-jam, atau boleh juga naik ojek gunung—motor yang dirakit khusus untuk medan ekstrem Panappo.

Jalan menuju Panappo rawan longsor

Sangat menantang adrenalin, sekaligus menguras isi dompet, karena ongkos ojeknya mencapai Rp 400 ribu.

Sobat, kehidupan keras dan penuh kesederhanaan adalah makanan sehari-hari warga Panappo. Sebagai petani dan peternak sederhana, iuran swadaya mereka belum bisa membiayai pembangunan masjid baru. Pengajuan proposal ke pihak terkait pun belum menuai hasil.

Menyisihkan sebagian harta untuk orang-orang sesabar ini, tentu tak akan sia-sia. Apalagi pemberian itu akan mereka gunakan beribadah kepada Allah. Maka, tidakkah kita terpanggil membantu?

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, ShopeePay, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank Mandiri, BCA, BRI, BSI, atau Bank Muamalat) dan transfer ke no. rekening yang tertera.
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    There are no latests news yet

28 Jan 2022

Anonim

Bismilla smoga berkah

orang
Rp 250.120

21 Jan 2022

Tyas

-

orang
Rp 100.373

10 Nov 2021

Anonim
Rp 25.423

27 Oct 2021

Anonim
Rp 50.123

25 Oct 2021

Anonim
Rp 20.135

22 Oct 2021

Anonim
Rp 100.496

11 Oct 2021

Anonim
Rp 250.220