Bantu Lanjutkan Pembangunan Masjid Bersejarah di Padaherang
Sangat jarang ada manusia mencapai usia 108 tahun. Namun sebuah bangunan, bisa berusia lebih panjang dari manusia semasanya. Seperti Masjid Al Huda, yang mengikat 4 hingga 5 generasi muslim di Pangandaran.

Sejak 1912, masjid ini sudah berdiri. Al Huda punya nilai historis tinggi bagi kami, warga Dusun Nagrak, Padaherang, Pangandaran. Di sinilah, buyut, kakek, ayah, anak, cucu, bahkan cicit kami beribadah dan menimba ilmu agama.

Sobat, awalnya, Al Huda cuma bangunan sederhana berukuran 6×8 meter persegi. Hanya bisa menampung 40 jamaah, padahal ada 80 KK muslim di sini. Selain tak sanggup lagi menampung jamaah, Al Huda pun semakin rusak dimakan usia.

Kami sadar masjid harus diperbaiki. Maka, kami mengumpulkan iuran per bulan. Nominalnya bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu, tergantung kemampuan warga yang mayoritas buruh tani.

Saat musim panen melimpah, kami bisa menyumbang hingga Rp 300 ribu. Namun saat paceklik, minimal hanya sanggup Rp 100 ribu. Atau mungkin juga tidak, karena di masa sulit dengan pendapatan kecil, uangnya dipakai kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah.

Alhamdulillah, setelah bertahun-tahun mengumpulkan dana, kami bisa memulai rehab Masjid Al Huda. Satu langkah maju yang sangat kami syukuri.

Sayangnya, perhitungan kami meleset. Dana yang terkumpul masih kurang. Kami sudah coba sekuat tenaga menyiasati dana, tetapi nihil.

Sisa-sisa kayu yang teronggok, karena dana keburu habis.

Akhirnya, pada April 2020, pembangunan Masjid Al Huda terhenti. Kini, Al Huda hanya berupa bangunan batu bata belum jadi. Tak ada atap untuk melindungi jamaah yang beribadah, tak ada lantai untuk bersujud mengadu.

Setiap melewati masjid ini, ada rasa sedih dan bersalah. Sedih, karena masjid yang dirintis nenek moyang kami malah jadi bangunan seperti ini. Merasa bersalah, karena kekurangan kami dalam memperhitungkan sekaligus mencari solusi kekurangan dana.

Kakek Utar dan istri, sudah lebih dari 50 tahun mengabdi sebagai marbot masjid Al Huda.

Yaa Allah, mohon ampuni kelemahan kami. Bukan maksud kami membuat pembangunan rumah-Mu ini terbengkalai. Hanya kepada Engkaulah kami mengadukan kelemahan ini. Yaa Allah, adakah di luar sana yang bisa menolong masjid kami?

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran: GOPAY/BCA/Mandiri/Mandiri Syariah/Bank Muamalat/BNI Syariah
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

  • 1 May 2021
    Desain Masjid Al Huda, Insya Allah

    Insya Allah seperti inilah Masjid Al Huda yang dirindukan Aki Utar dan warga Dusun Nagrak, Padaherang, nantinya. Kokoh, luas, nyaman, membuat ibadah semakin khusyu' insya Allah.


    Terima kasih, Sobat Masjid, dengan mengumpulkan kekuatan lewat patungan, sedekahmu bisa membangunkan satu masjid. Masya Allah 🤩


    Jazaakumullah khairan katsiiran, mohon do'anya ya, agar pembangunan berjalan lancar.

10 May 2021

ALMARHUM FAIZAL

"Semoga pembangunan cepat terselesaikan. Semoga sedekah ini sampai kepada Almarhum adik saya faizal Amiin."

Rp 50.206

9 May 2021

KOES HARIMURTI BIN KOESNO

"Semoga dana yang dibutuhkan untuk pembangunan terkumpul dan menjadi berkah bagi semuanya"

Rp 250.140

9 May 2021

RUSYANA RUSYANA

"Semoga dilancarkan dlm segala urusan, dan diberi kemakmuran dan kesoleha utk sayacdan keluarga. Serta panjang umur dan jodoh bagus. Amin"

Rp 500.412

9 May 2021

Hamba Allah
Rp 50.348

7 May 2021

Hamba Allah

"Smpga berkah dan pembangunan segera terlaksana"

Rp 65.287

7 May 2021

DEWI

"Ya Allah semoga semakin banyak berdirinya masjid2 di pelosok negeri dan dipenuhi kaum muslimin/muslimah beribadah...aamiin"

Rp 100.499

7 May 2021

DEWI

"Ya Allah semoga semakin banyak terbangunnya masjid masjid di daerah pedalaman dan semakin banyak muslim/muslimah memenuhi masjid utk beribadah...aamiin"

Rp 100.223

7 May 2021

SRI RAHAYU

"Semoga segera terwujud pembangunan masjid, dan kita semua diberikan berkah. Aamiin"

Rp 25.059

7 May 2021

WIDIYASTUTI
Rp 15.122

7 May 2021

TARUNO
Rp 30.096