Musala Jibal  Nur berada di Dusun Pujaringan, Pagai Utara, Sumatera Barat. Dibangun tahun 2013, tepat 3 tahun pasca bencana tsunami Mentawai yang menewaskan hingga 300-an jiwa.

Musala Jibal Nur memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat Dusun Pujaringan. Selain sebagai tempat memperbaiki rohaniah warga pasca tsunami, musala juga rutin dipakai anak-anak mengaji dan tempat belajar para mualaf.

Relawan saat menyalurkan mukena dan Al-Qur’an dari donatur

Awal dibangun, musala cuma bermodalkan dana 11 juta. Meski hanya bermaterial kayu seadanya, namun sudah cukup membuat warga bahagia memiliki musala.

Tapi kini, setelah 8 tahun berdiri ternyata kayu sudah lapuk. Atapnya pun sudah bolong. Jika hujan, air akan masuk ke dalam musala dan juga lewat dinding-dinding kayunya. Hal ini menjadikan warga resah dan kurang nyaman saat ibadah.

Ukuran musala yang hanya sebesar 6×8 pun kini sudah tak cukup lagi menampung jamaah yang terus bertambah. Alhamdulillah, setiap tahun jumlah mualaf Dusun Pujaringan terus meningkat hingga 7 orang/tahun.

Warga sangat ingin memperluas Musala Jibal Nur menjadi masjid berukuran 10×10 agar lebih banyak menampung jamaah dan bisa dipakai sholat jumat. Namun apa daya, penghasilan warga yang mayoritas petani perkebunan dan nelayan, terkadang bahkan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Kami sangat membutuhkan tempat ibadah yang lebih layak. Namun, kami belum mampu untuk iuran. Menjual hasil tani saja tidak seberapa. Untuk biaya harian dirumah dan membayar sekolah anak-anak terkadang tidak cukup. Ini kondisi kami sesungguhnya. Rata-rata penghasilan kami hanya 200ribu/bulan, Ungkap Pak Kurniawan (Pengurus Mushalla Jibalnur)
Akses menuju kampung tetangga

Masjid terdekat adanya di kampung tetangga yang jaraknya 3 kilometer. Butuh satu jam perjalanan untuk mencapai lokasi dengan jalanan yang terjal berbatu dan tanah yang becek jika tergenang air.

Sobat, 200 ribu mungkin bagi sebagian kita bukanlah jumlah yang besar, bahkan terkadang bisa habis dalam satu hari. Tapi nominal itu adalah biaya hidup keluarga untuk satu bulan bagi muslim Pujaringan, Mentawai.

Ramadhan ini, yuk bantu bahagiakan mereka. Membangun masjid pahalanya sangatlah besar, apalagi jika dilakukan pada Bulan Ramadhan.

Donasi bangun masjid pelosok Mentawai silahkan klik Bantu Sekarang

***

Bantu program ini :

  1. Klik tombol "BANTU SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, ShopeePay, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank Mandiri, BCA, BRI, BSI, atau Bank Muamalat) dan transfer ke no. rekening yang tertera.
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

    There are no latests news yet

5 Nov 2021

Anonim
Rp 50.156

30 Oct 2021

Anonim
Rp 50.032

30 Sep 2021

Anonim

Semoga pengurus Masjid Nusantara istiqomah dan diberi kekuatan dalam membangun rumah Alloh. Semoga ummat juga diberi kekuatan dalam menyalurkan dana infaq pembangunan masjid.

orang
Rp 500.166

13 Aug 2021

Anonim
Rp 20.492

10 Aug 2021

Anonim

Bismillah semoga sedikit rejeki ini membantu, dan semoga masjid disana bisa di bangun secepatnya, agar bisa beribadah dengan nyaman dan kusyuk

orang
Rp 100.450

10 Aug 2021

Anonim
Rp 100.044

6 Aug 2021

Anonim
Rp 15.297