Pembangunan Masjid di Kampung Mualaf yang Terisolir di Pelosok Tana Toraja

Menyusuri pegunungan dengan berjalan kaki melewati jalan curam berlumpur tidak menyurutkan langkah tim Masjid Nusantara menyampaikan donasi sobat untuk pembangunan Masjid Taman Surga Ridho Allah di Kampung Ta’ba, kampung terisolir di pelosok Tana Toraja, Sulawesi Selatan. .

Pembangunan masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Arsitek Masjid Nusantara, @lutfi_vernakular dan artis kenamaan @dodihidayatullah dengan disaksikan oleh warga dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Kampung Ta’ba sendiri berada di pedalaman Batualu, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Listrik yang belum masuk dan akses jalan yang kurang memadai, membuat kampung ini nyaris terisolir. Bahkan, masyarakat harus menempuh satu jam berjalan kaki untuk bisa beraktivitas keluar dari kampungnya tersebut.

Kondisi warga kampung Ta’ba juga lambat mengenyam pendidikan karena ketiadaan sarana sekolah. Sementara masjid di kampung ini juga jauh dari kesan layak sebagai tempat ibadah. Masjid itu sudah tidak mampu lagi menampung karena mualaf di Desa Ta’ba semakin bertambah.

Alhamdulilah, Masjid Nusantara akhirnya mewujudkan harapan muslim dan mualaf kampung Ta’ba yang ingin memiliki masjid sebagai rumah peribadatan yang layak.

Sebagai bentuk kegembiraan, puluhan warga kampung hadir membantu pelaksanaan awal pembangunan ini dengan bergotong royong mengangkat batu fondasi masjid. Uniknya, tak hanya warga muslim dan mualaf saja. Tak sedikit juga warga non-muslim setempat yang ikut bergotong royong menyalurkan tenaganya untuk pembangunan masjid ini.

Pada kesempatan itu, tim @cintamasjid7 dari Trans7 juga ikut meliput kegiatan peletakan batu pertama Masjid kampung Ta’ba. Dodi Hidayatullah ditunjuk sebagai Host dari program ‘Cinta Masjid’ yang dijadwalkan tayang di Trans 7 pada bulan Ramadhan 2019 mendatang. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *