ABDURRAHMAN BIN ‘AUF RA (Milyuner Dermawan yang Sukses Dunia Akhirat)

Beliau sahabat Rasulullah yang terkenal sukses dalam perniagaan, ”sahabat bertangan emas”, seorang milyuner di Madinah.


Dalam suatu perang, Abdurrahman mendapat hadiah 9 luka parah menganga di tubuhnya dan 20 luka kecil yang di antaranya ada yang sedalam anak jari. Pengorbanannya dengan harta juga sangat luar biasa. Dia tidak sedikit pun ragu mengeluarkan hartanya untuk kemurnian Islam.

Ketika berlangsung perang Tabuk, dia mensedekahkan 200 uqiyah emas. Setelah Rasul wafat, ia bertugas menjaga keselamatan dan kesejahteraan Ummahatul Mu’minin dalam menyebarkan dakwah, hingga ia pernah membeli sebidang tanah berharga 4.000 dinar. Dalam kesempatan inilah Allah memuliakan Abdurrahman dengan kemuliaan yang belum pernah diperoleh siapa pun. Akhirnya, ia dikatakan oleh Rasulullah termasuk salah seorang sahabat yang memiliki sifat sabar dan dijamin masuk surga dengan perlahan-lahan. Sejak saat itu, semangat Abdurrahman semakin memuncak dalam mengorbankan harta ke jalan Alloh.

Hartanya dinafkahkan sehingga mencapai 40.000 dirham perak. Kemudian menyusul juga 40.000 dinar emas (+- 80Milyar). Sesudah itu, dia bersedekah lagi 200 uqiyah emas (+/- 2,5Milyar) . Lalu disedekahkannya 500 ekor kuda kepada para pejuang. Sesudah itu 1.500 ekor unta untuk pejuang-pejuang yang lain.

Menjelang wafatnya, Abdurrahman bin ’Auf pun memerdekakan sejumlah besar budak-budak yang dimilikinya. Kemudian mewasiatkan agar mensedekahkan 400 dinar emas kepada masing-masing mantan pejuang perang Badar yang berjumlah tidak kurang dari 100 orang. Dia juga berwasiat agar mensedekahkan hartanya yang paling mulia untuk Ummahatul Mu’minin.

MasyaaAllah, Abdurrahman bin ’Auf adalah seorang milyuner yang sukses. Dia berhasil menundukkan kepalsuan dunia, dengan mengorbankan hartanya untuk da’wah di jalan Allah.

Catatan:
1uqiyah emas: 31,7 gram emas
1 dinar : Rp 2.256.806
1dirham: Rp 65.339
sumber(griyatabunganakhirat)

#inspirasi #muslim #kisah
#shirah #masjidnusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *